Sebelum masuk ke dalam pembahasan inti, saya harap teman-teman sudah mengerti arti penting pemasaran viral beserta faktor-faktor kuncinya. Karena untuk memahami artikel ini akan lebih baik jika teman-teman sudah membaca terlebih dahulu artikel yang saya sebut di atas
Baiklah, kalau sudah bisa kita mulai sekarang.
Pada umunya, setiap orang menginginkan kunjungan, pelanggan dan interaksi dalam jumlah banyak untuk web/toko online-nya. Dan untuk menuju kesana, tidak ada jalan selain mempromosikan website (atau apapun medianya) kepada pengguna internet yang ada.
Viral Marketing sudah menjadi tren tersendiri bagi para pelaku bisnis online atau bagi orang-orang pemasaran yang bekerja untuk memasarkan/mempromosikan sebuah website. Dengan menerapkan beberapa jurus dan tips pemasaran yang tepat, maka apapun yang teman-teman online-kan mampu menjangkau banyak pengguna internet bahkan dalam waktu yang sangat singkat. Berikut akan saya berikan 10 tips agar Anda mampu melakukan viral marketing seperti yang saya maksud :
1. Fokus dan Peka Terhadap Tren dan Fenomena Terupdate
Dengan memanfaatkan serta kemudian mengaitkan konten Anda terhadap momentum yang sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat, maka teman-teman akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pengunjung dalam jumlah banyak. Kenapa? Karena orang-orang tentunya akan melakukan pencarian terhadap tren/fenomena tersebut baik di mesin pencari maupun sosial media. Untuk mengetahui tren yang sedang berkembang teman-teman bisa memanfaatkan Google Trends atau hashtags kalau di dalam Twitter.
2. Buatlah Video!
Pada dasarnya, ga ada peraturan khusus yang menyebutkan bahwa untuk bisa menghasilkan efek viral yang besar harus menggunakan konten dalam bentuk tertentu. Tapi, video memiliki karakteristik yang ga dimiliki oleh tulisan atau gambar. Efek audio visual yang dihasilkan oleh video memiliki daya tarik yang sangat kuat karena kemudahan yang diberikannya. Buatlah sebuah video mengenai produk atau website atau apapun itu secara menarik, kemudian upload ke situs seperti YouTube atau Vimeo. Jika memungkinkan buatlah video yang menarik sehingga orang merasa perlu dan merasa bangga jika nge-share video teman-teman. Terakhir, buatlah dengan kualitas gambar yang baik (jika mampu), high resolution sangat dianjurkan.
3. Jangan Anggap Remeh Keyword dan Tag
Ini bagian penting yang sangat sering dilewatkan oleh pengguna internet di Indonesia. Ya, keyword dan tag merupakan dua bagian kecil dalam sebuah konten website yang memiliki peran cukup signifikan. Ingat selalu bahwa orang-orang pasti akan mengetikkan sebuah kata atau frasa untuk mencari apapun di internet. Jadi, pastikan konten teman-teman yang keluar di hasil pencarian para pengguna internet tersebut. Untuk itu, pastikan judul, deskripsi dan paragraf konten yang teman-teman buat mengandung kata-kata kunci (keyword). Kemudian, platform seperti YouTube, WordPress dan Blogspot juga biasanya menyediakan fasilitas tag yang juga dapat membantuk memunculkan konten teman-teman pada hasil pencarian terkait.
4. Manfaatkan Ketenaran Orang Lain
Hehe, untuk tips yang satu ini termasuk tips yang agak sulit karena poin keempat ini memberikan penekanan kepada teman-teman agar sebisa mungkin memanfaatkan ketenaran orang lain dalam memasarkan konten. Kalau di dalam twitter, teman-teman bisa meminta orang-orang terkenal dengan banyak follower untuk mempromosikan (retweet) konten yang teman-teman miliki. Beberapa orang tenar yang saya rasa cukup dermawan untuk me-retweet produk-produk lokal Indonesia adalah akun milik Sandiaga Uno (@sandiuno). Jika memang sulit mendapatkan ‘dukungan’ dari orang-orang yang sudah sangat populer, teman-teman bisa menggunakan orang-orang yang semi populer atau yang baru populer, hehe. Namun, tips ini memang memiliki tingkat keberhasilan yang cukup kecil. Namun bisa dipastikan jika benar-benar terjadi, akan ada dampak yang cukup signifikan terhadap jumlah view konten teman-teman.
5. Buatlah Sebuah Perlombaan atau Kontes
Kontes atau perlombaan bisa menjadi sebuah ‘senjata’ ampuh untuk menyebarkan konten yang teman-teman miliki. Kalau teman-teman bisa memberikan nilai lebih kepada mereka melalui kontes, maka bukan tidak mungkin akan banyak tambahan like baru, follower baru dan lain sebagainya. Contoh sederhananya begini : katakanlah saya adalah seorang pedagang OlShop di bidang fashion. Saya buat kuis yang hadiahnya mendapatkan produk terbaik yang saya miliki. Nah! Tentu bagi pemenang ini merupakan ‘nilai tambah’ bagi penampilan mereka. Mereka bahagia, senang dan hampir bisa dipastikan mereka mau menggunakan pakaian tersebut, mempostingnya di social media dan dilihat oleh teman-temannya yang lain. Menarik bukan?
6. Gunakan Bumbu Humor
Sifat dasar manusia adalah menginginkan kebahagiaan. Dan kebahagiaan bisa didapatkan karena seseorang tertawa atau merasa senang. Untuk itu, dalam menyediakan konten kepada masyarakat, gunakanlah bumbu humor pada satu atau dua konten yang teman-teman miliki. Dengan demikian, konten teman-teman memiliki potensi lebih besar untuk di share oleh orang lain karena mereka juga ingin membuat orang-orang yang mereka sayangi di sekeliling mereka merasa bahagia seperti halnya mereka. Teman-teman bisa menggunakan gambar atau video agar bumbu humor yang disajikan lebih sederhana dan lebih ringan untuk dinikmati.
7. Kejutan dan Kontroversial
Kalau teman-teman ‘sanggup’, buatlah konten yang mengejutkan. Bisa berupa informasi yang belum pernah ada sebelumnya, atau menggunakan isu-isu yang kontroversial di dalam konten teman-teman, hehe. Karena begini, ketika seseorang yang sedang dalam pengaruh emosi (bisa kesal, marah atau bangga) melihat sebuah konten yang menyinggung isu kontroversial tertentu, secara alamiah mereka memiliki keinginan untuk nge-share konten tersebut dan melihat reaksi teman-temannya.
8. Selalu Gunakan Gambar
Jangan pernah malas untuk menyertakan gambar dalam konten teman-teman, terutama untuk konten yang berbentuk teks. Ya, ilustrasi atau visualisasi dapat membuat konten yang teman-teman miliki menjadi lebih hidup. Hal ini penting karena para pengunjung akan mendapatkan konten teman-teman menjadi lebih menarik dengan gambar. Intinya, buatlah konten dengan visualisasi semenarik mungkin, minimal ilustrasi, untuk mendapatkan perhatian lebih di mata para pengguna internet. Sekarang pun Facebook sudah memperbesar ukuran gambar mereka di News Feed atau Beranda. Begitu juga dengan Twitter, baik yang web maupun Twitter for Android/iPhone/iPad yang bisa langsung memunculkan gambar tanpa harus mengklik link gambar terlebih dahulu. Hal ini didasari perkembangan pengetahuan bahwa gambar adalah hal penting bagi mereka yang sedang melakukan penetrasi pasar. Nah! Karena ini penting, maka gunakan gambar yang hi-res, jelas, kontras dan semenarik mungkin ya!
9. Rajin-rajinlah Share Link melalui Social Media atau Direktori URL
Teman-teman jangan menganggap remeh kekuatan social media. Socmed dengan berbagai platformnya memiliki kekuatan tersendiri untuk menghimpun pasar dan pengunjung lainnya. Dengan semakin tingginya jumlah pengguna socmed di Indonesia, teman-teman harus jeli melihat semakin berkembangnya peluang pasar melalui socmed. Selain socmed, teman-teman bisa juga share link yang teman-teman miliki ke direktori URL seperti Reddit untuk mendapatkan banyak kunjungan. Adalah hal yang sangat keren dan luar biasa jika URL konten teman-teman mampu berada di halaman utama (home) website Reddit. Untuk mengganti dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia teman-teman bisa mengklik tulisan “English” yang ada di bagian kanan atas website. Nanti akan muncul berbagai pilihan bahasa yang bisa digunakan, termasuk di dalamnya ada bahasa Indonesia juga tentunya. Namun hal yang agak disayangkan, pengguna internet di Indonesia belum begitu banyak yang menggunakan fasilitas seperti yang ditawarkan oleh Reddit ini
10. Jangan Menyediakan Konten yang Membosankan!
Atau dengan kata lain, buatlah konten semenarik mungkin! Untuk mendapatkan efek viral yang dahsyat, tentunya teman-teman harus mampu membuat sesuatu yang bisa mempengaruhi perasaan seseorang sehingga dia merasa perlu bahkan harus untuk nge-share konten yang teman-teman sediakan melalui akun socmed mereka. Dan kalo bisa, efek yang ditimbulkan akan lebih dahsyat jika konten yang teman-teman sediakan adalah hal yang menarik dan baru bagi para pengguna internet.
Bagaimana? Tertarik untuk melakukan viral marketing untuk konten-konten yang teman-teman miliki? Yuk sama-sama praktekkan semua faktor kunci dan 10 tips di atas. Kuncinya hanya ada di praktek, praktek dan praktek. Nanti dari situ itu akan muncul trial and error dan perbaikan berkesinambungan.
Oke, semoga teman-teman semua sukses dalam melakukan pemasaran viral ini ya! Salam semangat!
(Abdullah Azzam)
Baiklah, kalau sudah bisa kita mulai sekarang.
Pada umunya, setiap orang menginginkan kunjungan, pelanggan dan interaksi dalam jumlah banyak untuk web/toko online-nya. Dan untuk menuju kesana, tidak ada jalan selain mempromosikan website (atau apapun medianya) kepada pengguna internet yang ada.
Viral Marketing sudah menjadi tren tersendiri bagi para pelaku bisnis online atau bagi orang-orang pemasaran yang bekerja untuk memasarkan/mempromosikan sebuah website. Dengan menerapkan beberapa jurus dan tips pemasaran yang tepat, maka apapun yang teman-teman online-kan mampu menjangkau banyak pengguna internet bahkan dalam waktu yang sangat singkat. Berikut akan saya berikan 10 tips agar Anda mampu melakukan viral marketing seperti yang saya maksud :
1. Fokus dan Peka Terhadap Tren dan Fenomena Terupdate
Dengan memanfaatkan serta kemudian mengaitkan konten Anda terhadap momentum yang sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat, maka teman-teman akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pengunjung dalam jumlah banyak. Kenapa? Karena orang-orang tentunya akan melakukan pencarian terhadap tren/fenomena tersebut baik di mesin pencari maupun sosial media. Untuk mengetahui tren yang sedang berkembang teman-teman bisa memanfaatkan Google Trends atau hashtags kalau di dalam Twitter.
2. Buatlah Video!
Pada dasarnya, ga ada peraturan khusus yang menyebutkan bahwa untuk bisa menghasilkan efek viral yang besar harus menggunakan konten dalam bentuk tertentu. Tapi, video memiliki karakteristik yang ga dimiliki oleh tulisan atau gambar. Efek audio visual yang dihasilkan oleh video memiliki daya tarik yang sangat kuat karena kemudahan yang diberikannya. Buatlah sebuah video mengenai produk atau website atau apapun itu secara menarik, kemudian upload ke situs seperti YouTube atau Vimeo. Jika memungkinkan buatlah video yang menarik sehingga orang merasa perlu dan merasa bangga jika nge-share video teman-teman. Terakhir, buatlah dengan kualitas gambar yang baik (jika mampu), high resolution sangat dianjurkan.
3. Jangan Anggap Remeh Keyword dan Tag
Ini bagian penting yang sangat sering dilewatkan oleh pengguna internet di Indonesia. Ya, keyword dan tag merupakan dua bagian kecil dalam sebuah konten website yang memiliki peran cukup signifikan. Ingat selalu bahwa orang-orang pasti akan mengetikkan sebuah kata atau frasa untuk mencari apapun di internet. Jadi, pastikan konten teman-teman yang keluar di hasil pencarian para pengguna internet tersebut. Untuk itu, pastikan judul, deskripsi dan paragraf konten yang teman-teman buat mengandung kata-kata kunci (keyword). Kemudian, platform seperti YouTube, WordPress dan Blogspot juga biasanya menyediakan fasilitas tag yang juga dapat membantuk memunculkan konten teman-teman pada hasil pencarian terkait.
4. Manfaatkan Ketenaran Orang Lain
Hehe, untuk tips yang satu ini termasuk tips yang agak sulit karena poin keempat ini memberikan penekanan kepada teman-teman agar sebisa mungkin memanfaatkan ketenaran orang lain dalam memasarkan konten. Kalau di dalam twitter, teman-teman bisa meminta orang-orang terkenal dengan banyak follower untuk mempromosikan (retweet) konten yang teman-teman miliki. Beberapa orang tenar yang saya rasa cukup dermawan untuk me-retweet produk-produk lokal Indonesia adalah akun milik Sandiaga Uno (@sandiuno). Jika memang sulit mendapatkan ‘dukungan’ dari orang-orang yang sudah sangat populer, teman-teman bisa menggunakan orang-orang yang semi populer atau yang baru populer, hehe. Namun, tips ini memang memiliki tingkat keberhasilan yang cukup kecil. Namun bisa dipastikan jika benar-benar terjadi, akan ada dampak yang cukup signifikan terhadap jumlah view konten teman-teman.
5. Buatlah Sebuah Perlombaan atau Kontes
Kontes atau perlombaan bisa menjadi sebuah ‘senjata’ ampuh untuk menyebarkan konten yang teman-teman miliki. Kalau teman-teman bisa memberikan nilai lebih kepada mereka melalui kontes, maka bukan tidak mungkin akan banyak tambahan like baru, follower baru dan lain sebagainya. Contoh sederhananya begini : katakanlah saya adalah seorang pedagang OlShop di bidang fashion. Saya buat kuis yang hadiahnya mendapatkan produk terbaik yang saya miliki. Nah! Tentu bagi pemenang ini merupakan ‘nilai tambah’ bagi penampilan mereka. Mereka bahagia, senang dan hampir bisa dipastikan mereka mau menggunakan pakaian tersebut, mempostingnya di social media dan dilihat oleh teman-temannya yang lain. Menarik bukan?
6. Gunakan Bumbu Humor
Sifat dasar manusia adalah menginginkan kebahagiaan. Dan kebahagiaan bisa didapatkan karena seseorang tertawa atau merasa senang. Untuk itu, dalam menyediakan konten kepada masyarakat, gunakanlah bumbu humor pada satu atau dua konten yang teman-teman miliki. Dengan demikian, konten teman-teman memiliki potensi lebih besar untuk di share oleh orang lain karena mereka juga ingin membuat orang-orang yang mereka sayangi di sekeliling mereka merasa bahagia seperti halnya mereka. Teman-teman bisa menggunakan gambar atau video agar bumbu humor yang disajikan lebih sederhana dan lebih ringan untuk dinikmati.
7. Kejutan dan Kontroversial
Kalau teman-teman ‘sanggup’, buatlah konten yang mengejutkan. Bisa berupa informasi yang belum pernah ada sebelumnya, atau menggunakan isu-isu yang kontroversial di dalam konten teman-teman, hehe. Karena begini, ketika seseorang yang sedang dalam pengaruh emosi (bisa kesal, marah atau bangga) melihat sebuah konten yang menyinggung isu kontroversial tertentu, secara alamiah mereka memiliki keinginan untuk nge-share konten tersebut dan melihat reaksi teman-temannya.
8. Selalu Gunakan Gambar
Jangan pernah malas untuk menyertakan gambar dalam konten teman-teman, terutama untuk konten yang berbentuk teks. Ya, ilustrasi atau visualisasi dapat membuat konten yang teman-teman miliki menjadi lebih hidup. Hal ini penting karena para pengunjung akan mendapatkan konten teman-teman menjadi lebih menarik dengan gambar. Intinya, buatlah konten dengan visualisasi semenarik mungkin, minimal ilustrasi, untuk mendapatkan perhatian lebih di mata para pengguna internet. Sekarang pun Facebook sudah memperbesar ukuran gambar mereka di News Feed atau Beranda. Begitu juga dengan Twitter, baik yang web maupun Twitter for Android/iPhone/iPad yang bisa langsung memunculkan gambar tanpa harus mengklik link gambar terlebih dahulu. Hal ini didasari perkembangan pengetahuan bahwa gambar adalah hal penting bagi mereka yang sedang melakukan penetrasi pasar. Nah! Karena ini penting, maka gunakan gambar yang hi-res, jelas, kontras dan semenarik mungkin ya!
9. Rajin-rajinlah Share Link melalui Social Media atau Direktori URL
Teman-teman jangan menganggap remeh kekuatan social media. Socmed dengan berbagai platformnya memiliki kekuatan tersendiri untuk menghimpun pasar dan pengunjung lainnya. Dengan semakin tingginya jumlah pengguna socmed di Indonesia, teman-teman harus jeli melihat semakin berkembangnya peluang pasar melalui socmed. Selain socmed, teman-teman bisa juga share link yang teman-teman miliki ke direktori URL seperti Reddit untuk mendapatkan banyak kunjungan. Adalah hal yang sangat keren dan luar biasa jika URL konten teman-teman mampu berada di halaman utama (home) website Reddit. Untuk mengganti dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia teman-teman bisa mengklik tulisan “English” yang ada di bagian kanan atas website. Nanti akan muncul berbagai pilihan bahasa yang bisa digunakan, termasuk di dalamnya ada bahasa Indonesia juga tentunya. Namun hal yang agak disayangkan, pengguna internet di Indonesia belum begitu banyak yang menggunakan fasilitas seperti yang ditawarkan oleh Reddit ini
10. Jangan Menyediakan Konten yang Membosankan!
Atau dengan kata lain, buatlah konten semenarik mungkin! Untuk mendapatkan efek viral yang dahsyat, tentunya teman-teman harus mampu membuat sesuatu yang bisa mempengaruhi perasaan seseorang sehingga dia merasa perlu bahkan harus untuk nge-share konten yang teman-teman sediakan melalui akun socmed mereka. Dan kalo bisa, efek yang ditimbulkan akan lebih dahsyat jika konten yang teman-teman sediakan adalah hal yang menarik dan baru bagi para pengguna internet.
Bagaimana? Tertarik untuk melakukan viral marketing untuk konten-konten yang teman-teman miliki? Yuk sama-sama praktekkan semua faktor kunci dan 10 tips di atas. Kuncinya hanya ada di praktek, praktek dan praktek. Nanti dari situ itu akan muncul trial and error dan perbaikan berkesinambungan.
Oke, semoga teman-teman semua sukses dalam melakukan pemasaran viral ini ya! Salam semangat!
(Abdullah Azzam)
0 komentar:
Posting Komentar